Rabu, 03 Agustus 2011

Janne da Arc (ジャンヌダルク Jannu Daruku)

Janne Da Arc (ジャンヌダルク Jannu Daruku) adalah band Jepang aliran Pop Rock dari Hirakata, Osaka. Nama band ini sering disingkat menjadi “Janne” (ジャンヌ), Janu, JanDa atau JDA.

Band ini berada di bawah naungan perusahaan rekaman motorod, yang merupakan cabang dari avex trax. Band ini telah merilis 3 album indie, 9 album major label (termasuk koleksi single), 26 Single, dan 14 DVD. 







Pada 9 May 2006, Janu merayakan hari ulang tahun kesepeluhnya. Penentuan tanggal terbentuknya band ini ditandai saat personel terakhir mereka, Shuji, menjadi anggota tetap. Nama Band ini tidak berdasarkan nama Tokoh Historis, Joan of Arc, meskipun lagunya yang berjudul “Kyuuseishu - -Messiah—“ bercerita tentang Joan of Arc. Yasu memberi nama band ini berdasarkan seorang karakter di manga “Devilman” yang dikarang oleh Go Nagai. Seri gambar dari karakter tersebut dapat dilihat di album art “10th ANNIVERSARY INDIES COMPLETE BOX” yang dirilis pada 15 Maret 2006.

Music Janne Da Arc bisa dikategorikan bergenre “Pop Rock”. Sang Vocalist, Yasu banyak mengambil contoh musik dari idolanya, Morrie, vocalist band Visual Rock Jepang tahun 1980-an, DEAD END. Bagaimanapun, Janne Da Arc telah membuktikan dirinya sebagai band dengan personnel berskill tinggi dan mengambil banyak pengaruh (influence) musik dari berbagai musisi favorit mereka dan dari gaya bermusik (musical style) masing-masing personnelnya.









- Yasu (Yasunori Hayashi), Vocalist, lahir 27 January 1975 di Hirakata, Osaka. Band jepang idolanya adalah Dead End dan Boowy. Yasu mendeskribsikan dirinya sebagai seorang yang sering berada di rumah yang gemar bermain Pachinko dan membaca manga hingga larut malam. Manga Favoritnya adalah “Parasyte”, ia merekomendasikan pula movie berjudul “SE7EN”. Yasu juga cukup pintar dalam bermain gitar dan Keyboard.






- You (Yutaka Tsuda), Guitarist, lahir 24 July 1974 di Kobe. Artis favorit yaitu Unicorn dan Nuno Bettencourt. Secara umum ,You dideskribsikan sebagai personel yang paling pendiam. Meskipun begitu dia sering pula bercerita lucu panjang lebar selama Live Show Janne Da Arc. Yasu mendeskribsikan dirinya sebagai orang yang sangat dingin. Sedang Shuji, sang Drummer, mendeskribsikan dirinya sebagai seorang pembawa hujan (manusia hujan), karena hujan yang beberapa kali turun saat Live Show Janne Da Arc.






- Ka-yu (Kazuyuki Matsumoto), Bassist, lahir 21 January 1975 di Hirakata, Osaka, Jepang. Artis favorit yaitu Crazy Cool Joe (ex Dead End Bassist) dan Boowy. Ka-yu layaknya saudara bagi Yasu. Penampilannya juga lebih kelihatan Visual Kei dibanding dengan personel Janu yang lain. Ka-yu juga seorang penyayang hewan.




- Kiyo (Nama lengkapnya tidak dipublikasikan untuk umum), Keyboardist, lahir 27 Juni 1974 di Hirakata, Osaka, Jepang. Artis Favorit yaitu “Earth, Wind and Fire”, dan Keith Emerson. Kiyo adalah personel tertua di Janne Da Arc dan bersikap seperti layaknya saudara tertua di band ini. Ia memiliki sense humor yang unik seperti yang terlihat di Blog pribadinya: http://ameblo.jp/janne-kiyo/ , tapi ia juga type orang yang cepat marah. Ia layaknya seorang gourmet di Janne Da Arc (terlihat dari bodynya yang gemuk) dan sangat menyukai makanan. 




- Shuji (Shuji Suematsu), Drummer, lahir 21 November 1974, di Kobe, Jepang. Favorit artis yaitu X Japan, dan Loudness. Shuji sering disebut oleh personel lain sebagai “Gramps” (Kakek) karena penampilannya yang kelihatan tua. Ia lumayan menggemari komputer, seperti terlihat di situs resminya: http://www.shuji-drums.com/ . Berbeda dengan You, Shuji menganggap dirinya sebagai “manusia pembawa cuaca baik”.


Semua personel kecuali Ka-yu merupakan tamatan dari Hirakata West High School dari kelas yang sama. Untuk perilisan single “Furimukeba…”, Janne Da Arc kembali ke sekolah mereka untuk memberikan special performance yang menjadi feature film ”Hirakata”

Pada 26 January 2006, masing-masing Personel Janne Da Arc mulai menjalankan Side Project.
Yasu bersolo karir membentuk “Acid Black Cherry”;
You bersolo Karir;
Ka-yu bersolo karir dan merilis DVD instruksional Bass bertajuk “Real Rock Bass”;
Kiyo merilis 2 DVD dan merilis sebuah album solo serta memproduseri band “Sincrea”;
Shuji merilis DVD instruksional Drum dan menjadi Support Drummer pada solo tour You yang pertama dan kedua.

Pada 19 Mei 2009 Janu merilis box set bertajuk “Janne Da Arc COMPLETE BOX” yang menduduki peringkat pertama di Oricon Chart.

Setelah merilis single Heaven/MÖBIUS pada 2 Agustus 2006, Janu tak pernah lagi merilis single terbaru. Hingga pada January 2007 Jannu dengan resmi dinyatakan vakum untuk sementara waktu karena masing-masing personelnya sibuk dengan side projectnya. Namun meskipun begitu, Janu masih sering merilis DVD live concert mereka hingga merilis complete Box pada Mei 2009 seperti yang telah kusebutkan di atas.

NB:
Single Janne Da Arc beberapa kali dijadikan theme song:
“Destination” merupakan theme Song Video game “Over G Fighters”
“Neo Venus” merupakan Commercial theme song video game “Rockman EXE”
“Feel The Wind” merupakan Commercial theme song video game “Rockman EXE 2’
“Mysterious” merupakan Opening soundtrack anime “Sci-Fi Harry”
“Wild Fang merupakan Opening theme video game “Rockman X8”
“Gekkouka” merupakan Opening Soundtrack anime “Black Jack”
“Kasumi Yuku Sora Se ni Shite” merupakan 2nd Ending Theme anime “Monkey Thypoon”
“Möbius” merupakan opening soundtrack anime “Gekifu Bakegyamon”

Official Website:
http://www.janne.co.jp/
http://www.avexnet.or.jp/janne/
You Official Website: http://www.you-g.com/
Ka-yu Official Website: http://www.solid-beat.com/
Kiyo’s Blog: http://ameblo.jp/janne-kiyo/
Shuji Official Website: http://www.shuji-drums.com/
Shuji Official blog: http://ameblo.jp/shuji-drums/

(Taken from en.wikipedia.org, translate by me, sedikit digubah pula oleh saya)

Download PV:
Black Jack: http://www.mediafire.com/?ijem2nvnkfz (lagu Janu yang pertama kali kudengar hingga saya tertarik dengan Janu)

Mobius: http://www.mediafire.com/?gfwyy4tyerz (OSt Gekifu Bakegyamon)

Heaven: http://www.indowebster.com/Janne_Da_Arc_HEAVEN.html

Destination: http://www.mediafire.com/?dzmmwxnznmj

Furimukeba: http://www.mediafire.com/?qn2gjjhdgzy

Dolls: http://www.mediafire.com/?ttq0z0tjnjm

Freedom: http://www.mediafire.com/?od2rztoz4mw


Albums:

ANOTHER STORY[13.02.2003]
1. ?1/5???? ("1/5 No Onhako")
2. in the story
3. ?????? (Maria No Tsumeato)
4. OASIS
5. ??? (Akai Tsuki)
6. ???????? ("Ubaraweta Chie")
7. suicide note
8. What's up!
9. PARADISE
10. explosion
11. ???????? (Kasumi Yuku Sora Sei Ni Shite)
12. ?????? (Vampire)
13. ????????? ("Shoujo No Koori To Joou")
14. rasen
15. Rainy?????? (Rainy ~Ai No Shirabe~)
16. Shining ray
DL: http://www.indowebster.com/Janne_Da_Arc_Another_Story.html

ARCADIA[07.07.2004]
1. ACID BREATH
2. ROMANC?
3. Heavy Damage
4. DOLLS
5. trap
6. ???? (Kokoro No Yukue)
7. ATHENS
8. FREEDOM
9. WIZARD
10. process
11. BLACK JACK
12. ??????? (CARNATION)
13. Kiss Me
DL: http://www.indowebster.com/Janne_Da_Arc_Arcadia.html

JOKER (Last album, 15.6.2005)
1.In silence
2.Tsumetai Kagerou
3.Gekkoka
4.D Drop
5.Hell or Heaven Itoshi no Psycho Breaker
6.Kamen
7.I'm so Happy
8.Wild fang
9.Easy funky crazy
10.Mr. Trouble Maker
11.Love is Here
12.Kaze ni Notte
13.Diamond Virgin
DL: http://www.mediafire.com/?5u3cw5x5yi5

1 komentar: